Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PERBANDINGAN STRES KERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN FULLDAY DAN HALFDAY DI KECAMATAN GAMPING


Umi Hijriah, 1610201053 and Mamnu’ah, S.Kep Ns., M.Kep.Sp.Kep.J and Prastiwi Puji Rahayu, M.Kep., Sp.Kep.J (2020) PERBANDINGAN STRES KERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA SISTEM PEMBELAJARAN FULLDAY DAN HALFDAY DI KECAMATAN GAMPING. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
UMI HIJRIAH_1610201053_S1 KEPERAWATAN (NP Lengkap) - Umi Hijriah.pdf

Download (923kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan seseorang yang akan berpengaruh pada perubahan emosi, pola pemikiran, serta kondisi fisik seseorang. Stres kerja muncul akibat adanya perbedaan antara kemampuan individu dengan tuntutan pekerjaan yang ada. Stres kerja dapat menimbulkan gejala fisiologis, gejala perilaku bahkan gejala psikologis. Stres kerja dapat terjadi pada guru dengan sistem pembelajaran yang berbeda yakni sistem pembelajaran fullday dan halfday. Tujuan : Mengetahui Perbedaan Stres Kerja Guru Sekolah Dasar Pada Sistem Pembelajaran Fullday Dan Halfday Di Kecamatan Gamping. Metode : Penelitian ini deskriptif komparasi dengan pendekatan cross sectional. Uji statistik menggunakan uji beda Mann-Whitney. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 96 responden yang terbagi dalam dua kelompok, kelompok guru sekolah sistem pembelajaran fullday 54 orang dan kelompok guru sekolah sistem pembelajaran halfday 45 orang. Hasil Penelitian : Sebagian besar guru memiliki stres sedang. Guru fullday 82,3% dan guru halfday 57,8%. Hasil uji statistik Mann-Whitney didapat r=0,008 dan taraf signifikan 0,05 pvalue = 0,008 < 0,05. Hasil statistik menunjukkan terdapat perbedaan antara stres kerja guru sekolah dasar pada sistem pembelajaran fullday dan halfday. Simpulan dan Saran : Terdapat perbedaan antara stres kerja guru sekolah dasar pada sistem pembelajaran fullday dan halfday di Kecamatan Gamping. Stres kerja guru pada sistem pembelajaran fullday lebih tinggi dibandingkan dengan guru pada sistem pembelajaran halfday. Disarankkan para guru dapat memanajemen pola koping, sehingga dapat meminimalisir terjadinya stres kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stres Kerja Guru, Sistem pembelajaran Fullday dan Halfday
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 20 Oct 2021 04:01
Last Modified: 20 Oct 2021 04:01
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA