Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Studi Komparasi Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah dan Peer Education terhadap Perilaku Remaja dalam Menanggapi Perubahan Sistem Reproduksi di SMP N 3 Sewon Bantul Yogyakarta


Novrianti, Qoriah and Widaryati, Widaryati (2012) Studi Komparasi Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah dan Peer Education terhadap Perilaku Remaja dalam Menanggapi Perubahan Sistem Reproduksi di SMP N 3 Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naskah publikasi qoriah.pdf

Download (667kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kesehatan reproduksi remaja putri merupakan bagian dari kesehatan wanita yang membutuhkan perhatian khusus. Tidak tersedianya informasi yang benar menyebabkan remaja mengeksplorasi informasi melalui berbagai media sehingga akan berdampak pada munculnya masalah kesehatan reproduksi. Salah satu solusinya dengam memberikan pendidikan kesehatan melelui media yang tepat. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan perilaku dalam menanggapi perubahan sistem reproduksi setelah diberi pendidikan kesehatan melalui metode ceramah dan peer education. Metode Penelitian : Penelitian pre experimental dengan rancangan one group pretest postest designs, dengan subyek penelitian siswi kelas VII berjumlah 52 responden yang diberi perlakuan metode ceramah dan peer education. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner pengetahuan, sikap dan tindakan. Analisa data menggunakan uji paired t-test dan wilcoxon untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta uji mann whitney dan independen sample test untuk mengetahui perbedaan antara dua kelompok perlakuan. Hasil penelitian : Terdapat perbedaan bermakna pengetahuan sesudah perlakuan ceramah dan peer education (p=0,008), tidak terdapat perbedaan bermakna pada sikap dan tindakan sesudah perlakuan ceramah dan peer education (p=0,616 dan p=0,714). Kesimpulan dan saran : Metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan, namun peer education tidak efektif untuk meningkatkan sikap dan tindakan. Penelitian ini menyarankan agar ditingkatkan pemberian informasi secara berkala menggunakan metode ceramah untuk meningkatkan pengetahuan sebagai upaya preventiv agar terhindar dari masalah kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Widaryati Penguji 2 : Sarwinanti
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 02 Nov 2015 05:19
Last Modified: 30 Dec 2017 02:09
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA