Fajarwaty, Nuning Dwi and Kurniawati, Tenti (2012) Hubungan Persepsi Klien tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar di Pusat Rehabilitasi Penyandang Cacat Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI NUNING DWI FAJARWATY.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menentukan kepuasan pasien, bahkan menjadi faktor penting citra institusi pelayanan kesehatan (rumah sakit) di mata masyarakat. Hasil studi pendahuluan diperoleh dari lima pasien, tiga diantaranya mengatakan kurang puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu perawat yang kurang tanggap kepadapasien danperawat yang kurang respon terhadap keluhan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemenuhan kebutuhan dasar di Pusat Rehabilitasi PenyandangCacat Daerah Istimewa Yogyakata Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien remaja yang memiliki umur 12-25 tahun yang berada di Pusat Rehabilitasi Penyandang Cacat daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jumlah responden 35 orang. Pengambilan sampel dengan teknik sampling kuota dan diperoleh sampel sebanyak 35responden. Analisa data dilakukan dengan rumus Kendall-Tau. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa sebagian besar menilai kualitas pelayanan kesehatan dalam kategori sedang yaitu sebanyak 18 pasien (51,4%) dan sebagian besar memiliki tingkat kepuasan sedang yaitu sebanyak 17 pasien (48,6%). Hasil analisis statistik Kendall tau menunjukkan bahwa nilai ? sebesar 0,345, pada level signifikasi ? = 0,05 dihasilkan nilai ? = 0,001 sehingga ?<?. Kesimpulan: Ada hubungan antara persepsi klien tentang kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien dalam pemenuhan kebutuhan dasar di Pusat Rehabilitasi PenyandangCacat Daerah Istimewa Yogyakarta. Saran: Kepada tenaga kesehatan (perawat) diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan meningkatkan mutu kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti langsung yang berwujud sehingga pasien merasakan puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Tenti Kurniawati Penguji 2 : Wisnu Sadhana |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 03:47 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 05:41 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/850 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year