Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

NARRATIVE REVIEW: PENGARUH PEMBERIAN INTERVENSI VIRTUAL REALITY BERBASIS VIDEO GAMES PADA KEMAMPUAN FUNGSIONAL PASIEN STROKE


Afifah Sukainah, 1710301010 and Dita Kristiana, S.ST, MH.Kes and Muhammad Irfan, SKM., SSt.FT., M.Fis (2021) NARRATIVE REVIEW: PENGARUH PEMBERIAN INTERVENSI VIRTUAL REALITY BERBASIS VIDEO GAMES PADA KEMAMPUAN FUNGSIONAL PASIEN STROKE. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI_AFIFAH SUKAIAH_1710301010 - Afifah Sukainah.pdf

Download (765kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Stroke atau Cerebrovascular Accident (CVA) merupakan gangguan neurologis pada otak yang menyebabkan terjadinya defisit neurologis, salah satunya adalah kelemahan ekstremitas yang menyebabkan adanya keterbatasan fungsional dikarenakan tonus abnormal sehingga otot menjadi tidak stabil, hal tersebut menyebabkan terganggunya produktivitas penderita stroke. Untuk mengembalikan produktivitas pasien stroke harus menjalani masa rehabilitasi dalam jangka waktu panjang dan berulang-ulang yang dapat menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Ketika pasien melakukan latihan yang menjadi kegemaran mereka, maka proses pemulihan akan terasa seperti bermain karena pasien memasuki fase flow. Fase flow sering ditemui ketika seseorang memainkan sebuah VR non immersive yang sering disebut video games. Dengan melakukan rehabilitasi berbasis virtual reality dalam bentuk games diharapkan dapat membuat pasien mengalami perasaan flow saat terapi. Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari pemberian intervensi virtual reality berbasis video games pada kemampuan fungsional pasien stroke. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Narrative Review dengan frameworks PICO (Population/Patients/Problem, Intervention, Comparison, Outcome) kemudian untuk mengidentifikasi artikel menggunakan database (EBSCO, Google Scholar, NCBI, Proquest, SAGE, Sciencedirect, Springer, dan Wiley) dengan kata kunci yang telah ditentukan dan mengacu pada kriteria inklusi dan eksklusi. Proses seleksi artikel menggunakan prisma flowchart yang kemudian dilakukan penilaian kritis artikel dan penyusunan hasil ulasan narasi. Hasil: Dari keseluruhan pencarian artikel didapatkan 2.688 artikel. Kemudian setelah dilakukan seleksi artikel didapatkan 17 artikel yang menyatakan intervensi virtual reality berbasis video games efektif untuk kemampuan fungsional pada pasien stroke. Kesimpulan: Terdapat pengaruh atas pemberian intervensi virtual reality berbasis video games pada kemampuan fungsional pasien stroke.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stroke, kemampuan fungsional, virtual reality, video games, narrative review
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:23
Last Modified: 29 Nov 2021 03:23
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA