Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA MASA PANDEMI COVID-19


Avianda Luky Prahestara, 1610801015 and Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog and Komarudin, S.Psi., M.Psi., Psikolog (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
1610801015-S1 Psikologi-Avianda Luky Prahestara - Dian Novika.pdf

Download (676kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh individu secara sadar dan terencana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dengan tujuan mendidik peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya. Kualitas pendidikan mengalami tantangan sebagai dampak mewabahnya virus Covid-19. Iklim belajar yang diciptakan pembelajaran daring turut mempengaruhi motivasi belajar siswa, jika dalam pembelajaran luring guru mampu menciptakan suasana kelas kondusif untuk menjaga motivasi belajar siswa agar pembelajaran dapat tercapai karena iklim kelas memiliki pengaruh yang signifikan dengan motivasi belajar. Motivasi dapat timbul dari dalam diri sendiri dan juga dapat dirangsang dari luar. Motivasi belajar dapat dipengaruhi dari diri sendiri (intrinsik), yang didasari oleh adanya kebutuhan untuk belajar, dan dari luar diri sendiri (ekstrinsik) yaitu motivasi yang berasal dari keluarga (terutama orang tua), sebagai lingkungan terdekat anak. Dukungan orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya dukungan orang tua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar Tujuan: Mengetahui Hubungan antara Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid 19. Metodologi: Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala. Sebagai alat ukur, skala psikologi memiliki karakteristik khusus yang membedakan dari berbagai bentuk alat pengumpulan data yang lain. Adapun skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala likert Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa-siswi kelas X dan XI di SMA Kabupaten Sleman Yogyakarta, dari hasil analisis product of moment menunjukkan koefisien korelasi pada dkungan orang tua siswa sebesar 0,589 antara dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa-siswi kelas X dan XI di SMA Kabupaten Sleman Yogyakarta. Simpulan dan saran: Terdapat Hubungan antara Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid 19. Guru hendaknya berperan mengembangkan motivasi belajar siswa dengan memperhatikan aspek-aspek motivasi belajar yaitu aspek instrinsik dan aspek ekstrinsik. Khususnya pada aspek ekstrinsik dengan persentase rendah dibanding aspek intrinsik yaitu meningkatkan daya bersaing siswa dalam belajar sehingga motivasi belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan orangtua, Motivasi belajar, Siswa SMA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Psychology
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:36
Last Modified: 25 Nov 2021 06:36
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6103

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA