Rahmayani Baqiyatun Shalihah, 1711101009 and Aprodita Emma Yetti, ST.,M.SC and Indah Pujiyanti, ST., M.SC (2021) Perancangan Community Learning Center Dengan Pendekatan Inclusive Design Di Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
RAHMAYANI BAQIYATUN SHALIHAH_1711101009_S1 ARSITEKTUR - baqiyatun shalihah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ruang publik menjadi kebutuhan komunal untuk mengakomodir berbagai aktivitas masyarakat, termasuk dalam pendidikan. Yogyakarta sebagai kota pendidikan menjadi destinasi bagi pelajar dan mahasiswa lokal maupun luar daerah untuk menempuh studi akibat daya tarik dari banyaknya institusi pendidikan berkualitas baik. Pendidikan menjadi kebutuhan dan hak setiap individu masyarakat, ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang wajib belajar 12 tahun. Namun, realitanya tidak semua masyarakat dapat mengenyam pendidikan formal yang salah satunya disebabkan faktor keterbatasan ekonomi. Kaum marginal menjadi kelompok masyarakat yang sulit mengakses pendidikan. Berkaitan dengan kebutuhan akan ruang publik tersebut, pada tahun 2014 DIY telah dicanangkan sebagai provinsi inklusif. Namun secara implementasi khususnya pada fasilitas ruang publik yang sudah ada dirasa belum maksimal menerapkan desain yang inklusif. Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain Community Learning Center (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Yogyakarta yang menyediakan fasilitas pendidikan nonformal berupa pendidikan kesetaraan dan pendidikan keterampilan sebagai alternatif pendidikan bagi masyarakat khususnya kaum marginal dengan desain yang ramah bagi semua kalangan usia maupun disabilitas. Pendekatan inclusive design digunakan sebagai dasar perancangan melalui empat kriteria desain; functional, usable, desirable, dan viable. Kriteria tersebut akan diterapkan pada pengolahan area entrance, massa, sirkulasi dan akses, kualitas ruang, ruang dalam, dan ruang luar. Selain menunjang kebutuhan kegiatan belajar masyarakat, adanya fasilitas ini juga mendukung eksistensi Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan DIY sebagai provinsi inklusif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ruang publik, Community Learning Center, Inclusive design, Pendidikan |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Science and Technology > School of Architecture |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 03:05 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:05 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5451 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year