Mauliya Widiastuti, 1610104094 and Elika Puspitasari, S.ST., M.Keb and Rosmita Nuzuliana, S.ST., M. Keb (2020) LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
Mauliya Widiastuti_1610104094_Kebidanan Sarjana Terapan_Naspub - mauliya widiastuti.pdf Download (542kB) |
Abstract
Pemberian gizi yang kurang baik terutama terhadap anak-anak, dampaknya mudah mengantuk dan kurang bergairah yang dapat mengganggu proses belajar di sekolah dan menurun prestasi belajarnya, daya pikir anak juga berkurang karena pertumbuhan otak tidak optimal. Di Indonesia prevalensi kurus 11,2%, terdiri dari 4% sangat kurus dan 7,2% kurus. Sedangkan masalah kegemukan pada anak di Indonesia masih tinggi dengan prevalensi 18,8%, terdiri dari gemuk 10,8% dan sangat gemuk 8,8 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian literature review. Pencarian jurnal dilakukan di portal jurnal online seperti Google scholar, dan Jurnal Ilmiah Bidan (JIB). Kriteria inklusi dalam penelitian ini yaitu jurnal yang diterbitkan pada tahun 2010 - 2020 menggunakan bahasa Indonesia dan fulltext. Hasil penelusuran jurnal didapatkan sebanyak 10 jurnal dilakukan review dalam penelitian ini. Hasil dari review 10 jurnal ada beberapa jurnal tidak hanya membahas hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa, sebanyak 4 jurnal (jurnal ke 1, 2, 4, dan 5) membahas terkait faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti kebiasaan sarapan pagi, pendidikan orang tua, pendapatan orang tua. Kesimpulan penelitian ini yaitu berdasarkan hasil review 10 jurnal didapatkan bahwa status gizi berpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini disebabkan status gizi menjadi masalah penting bagi anak sekolah karena gizi bisa mencerdaskan anak. Sehingga seseorang yang memiliki status gizi baik akan memiliki daya tangkap yang lebih baik dan dapat memperoleh prestasi yang baik pula di sekolahnya. Faktor lain yang berpengaruh terdapat prestasi belajar adalah faktor lingkungan sekitarnya termasuk sekolah dan orang tua. Artinya ada hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pihak Institusi Pendidikan diharapkan dapat bekerja sama dengan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan Kerjasama untuk membuat program Pendidikan Kesehatan siswa mengenai status gizi meliputi pola makan yang teratur dan bergizi pada siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, Prestasi belajar |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 02:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:25 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5384 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year