Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

LITERATURE REVIEW GAMBARAN PELAKSANAAN METODE PRECEPTORSHIP PADA PROSES BIMBINGAN MAHASISWA PRAKTIK KLINIK


Isnaini Ashari, 1610104023 and Istri Utami, S.ST., M.Keb and Sri Ratnaningsih, S.ST., M.Keb (2020) LITERATURE REVIEW GAMBARAN PELAKSANAAN METODE PRECEPTORSHIP PADA PROSES BIMBINGAN MAHASISWA PRAKTIK KLINIK. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
ISNAINI ASHARI_1610104023_D4 KEBIDANAN_NASKAH PUBLIKASI - Isnaini Ashari (1).pdf

Download (778kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Metode Preceptorship adalah suatu periode (preceptorship) untuk membimbing dan memotivasi semua praktisi baru yang memenuhi persyaratan untuk melewati perubahan peran dari mahasiswa untuk mengembangkan kualitas praktek mereka lebih lanjut. Sehingga mahasiswa akan lebih percaya diri dengan lingkungan barunya, dalam peran barunya sebagai perawat. Preceptor adalah seseorang yang telah memiliki pengalaman pada pelayanan kesehatan, bekerja bersama mahasiswa pada seting klinik, berperan sebagai pendidik klinis sekaligus sebagai seorang perawat profesional. Preceptor bertugas untuk membimbing mahasiswa keperawatan atau perawat baru untuk belajar menerapkan teori dan pengetahuan yang dimiliki. Metode pembelajaran klinik yang digunakan dalam membimbing dan menilai mahasiswa adalah BST, Mini-CEX, dan DOPS. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini adalah Literatur Review berbasis jurnal dengan metode pencarian menggunakan electronic data base yang dapat diakses full text. Tahun jurnal yang digunakan dibatasi pada tahun 2011-2020. Database kesehatan yang relevan termasuk Pudmed, Sciendirect, Garuda dan Google scholar. Berdasarkan hasil revie 10 jurnal didapatkan bahwa pelaksanaan metode preceptorship pada proses bimbingan mahasiswa paktik klinik sudah terlaksana dengan efektif atau baik dengan adanya pelaksanaan apersepsi dan orientasi klinik sebelum pembelajaran klinik, terlaksananya kontrak belajar yang telah disepakati, peran preceptor sebagai role model. Selain itu preceptor sudah memiliki pengetahuan mengenai preceptorship, mengikuti pelatihan preceptorship, pengalaman kerja, dan pengalaman menjadi instruktur klinis yang memadai sehingga menjadi model peran untuk guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Preceptorship, Metode pembelajaran klinik
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:19
Last Modified: 22 Oct 2021 06:19
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA