Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

LITERATURE REVIEW GAMBARAN PENERAPAN BEDSIDE TEACHING OLEH PEMBIMBING KLINIK


Rista Novia, 1910104199 and Mufdlilah, S.Si.T., M.Sc and Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes (2020) LITERATURE REVIEW GAMBARAN PENERAPAN BEDSIDE TEACHING OLEH PEMBIMBING KLINIK. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
RISTA NOVIA_1910104199_SARJANA TERAPAN KEBIDANAN_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Bedside teaching adalah metode pembelajaran aktif yang dilaksanakan menggunakan pasien sebagai media pembelajaran langsung di ruangan pasien di rumah sakit. Pelaksanaan bedside teaching sendiri seharusnya tidak merugikan atau membahayakan bagi pasien. Preseptor memegang peranan penting dalam mengembangkan keterampilan dan sikap profesional, memberikan pengetahuan dan membentuk keterampilan psikomotor mahasiswa. Salah satu peranan preseptor adalah sebagai role model yang berarti bahwa preseptor mampu menunjukkan kualitas bidan yang ahli dan memiliki sikap profesional yang dapat ditiru oleh mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran penerapan bedside teaching oleh pembimbing klinik. Metode pada penelitian ini merupakan penelitian literature review dengan menggunakan metode scoping review yang menggunakan jurnal. Hasil review10 jurnal literature muncul tiga pembahasan sebagai hasil dari scooping review yaitu penerapan bedside teaching oleh pembimbing klinik, pengaruh bedside teaching dalam meningkatkan psikomor mahasiswa, dan pengaruh bedside teaching dalam meningkatkan motivasi belajar. Simpulannya penerapan metode pembelajaran bedside teaching sangat membantu mahasiswa dalam melakukan praktik klinik. Pelaksanaan yang sesuai dimulai dari pre-conference, conference, dan post-conference akan menjadikan motivasi belajar, meningkatkan keterampilan mahasiswa serta meningkatkan kenyamanan pasien sebagai subyek pelaksanaan bedside teaching. Selain itu pembimbing sangat berperan penting dalam proses bedside teaching dimana pembimbing harus menjadi role model, observer, partisipan, nara sumber, fasilitator, dan mentor/penasehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bedside teaching, Preceptor
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:14
Last Modified: 22 Oct 2021 04:14
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA