Dewi, Ustaningsih Lestari and Kurniawati, Tenti (2014) Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Bangsal Penyakit Dalam dan Bedah di RS DR. Soetarto Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (575kB) |
Abstract
INTISARI Latar Belakang: Kepuasan pasien menjadi faktor penting bagi eksistensi rumah sakit. Kepuasan konsumen dapat terjadi apabila rumah sakit mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pasiennya. Konsumen yang puas terhadap jasa yang diberikan cenderung akan menggunakan kembali jasa rumah sakit tersebut. Tetapi pada kenyataannya ditemukan masih banyak pasien yang belum puas dengan kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat RS Dr. Soetarto Yogyakarta. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di bangsal penyakit dalam dan bedah di RS Dr. Soetarto Yogyakarta 2014. Metode Penelitian: Rancangan penelitian ini adalah survey analitik korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel diambil dengan teknik yaitu semua pasien rawat inap penyakit dalam dan bedah Rumah Sakit Dr. Soetarto Yogyakarta sebanyak 313 responden. Sampel diambil dengan simple random sampling, sejumlah 41 responden dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan rumus kendall-tau. Hasil penelitian: Hasil uji Kendall tau diperoleh nilai ? = 0,768 dengan p-value 0,000 < ? (0,05). Kualitas pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Dr. Soetarto Yogyakarta dalam kategori sedang sebanyak 18 orang (43,9%). Sebagian besar pasien rawat inap di bangsal penyakit dalam dan bedah memiliki tingkat kepuasan sedang sebanyak 19 orang (46,3%). Simpulan dan Saran: Ada hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien yang ada di Rumah Sakit Dr. Soetarto Yogyakarta. Dan disarankan kepada bagian penjaminan mutu rumah sakit untuk selalu mengevaluasi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan keperawatan dan mengadakan pelatihan rutin tentang soft skill, sikap dan perilaku kepada semua perawat pelaksana. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Keperawatan, Kepuasan, Pasien. Kepustakaan : 22 Buku (2002–2012), 6 skipsi, 4 jurnal, 2 website Halaman : xiii, 74 halaman, 12 tabel, 2 gambar, 13 lampiran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Tenti Kurniawati Penguji 2 : Warsiti |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 08:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 05:59 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/495 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year