Fajar Ayu Ginanjar, 090105133 and Ery Khusnal, MNS (2012) HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN PERSEPSI TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN 2012. Tugas Akhir thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_Fajar Ayu Ginanjar.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Masa remaja ditandai dengan yang relatif pesat, baik jasmani, mental emosional maupun kehidupan sosial.Tak tersedianya informasi yang akurat dan benar tentang kesehatan reproduksi memaksa remaja berusaha mencari akses dan melakukan eksplorasi sendiri. Hal inilah yang menyebabkan persepsi seksual yang salah dan nantinya akan membentuk sikap negatif terhadap upaya-upaya untuk menghindari perilaku seks menyimpang. Tujuan penelitian ini adalah diketahui ada tidaknya hubungan peran orangtua dengan persepsi tentang kesehatan reproduksi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosobo tahun 2012. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Februari 2012. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode survey. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 80 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan peran orang tua dengan persepsi tentang kesehatan reproduksi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosobo tahun 2012 yang ditunjukkan dengan hasil uji statistik nonparametrik Product moment. Berdasarkan hasil perhitungan maka dapat diketahui nilai r hitung sebesar 0,280 dengan nilai rtabel untuk (p<0,05) adalah sebesar 0,220. Oleh karena nilai r hitung lebih besar dari rtabel dan P<0,05, peran orangtua siswa dalam kategori baik. Persepsi siswa tentang kesehatan reproduksi dalam kategori cukup, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan anatara peran orangtua dengan persepsi tentang kesehatan reproduksi Bagi Kepala Sekolah atau guru, agar dapat memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi bekerjasama dengan lembaga lain seperti BKKBN, tidak hanya dengan cara ceramah tetapi dapat menggunakan metode Tanya jawab, diskusi kelompok, media yang mendukung dalam penyuluhan seperti alat peraga atau gambar, periode terhenti, maupun stadium general.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Additional Information: | penguji 1: Ery Khusnal, MNS penguji 2: Ruhyana, S.Kep., Ns., MAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 06:51 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 06:51 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3735 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year