Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA


Firdaus, Nirwana and Imallah, Rosiana Nur (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIRWANA FIRDAUS (NASKAH PUBLIKASI).pdf

Download (581kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Prestasi merupakan topik kajian yang menarik perhatian mengingat hal tersebut menjadi indikator keberhasilan seseorang dalam menempuh suatu tingkat pendidikan tertentu . Prestasi menjadi masalah yang dianggap serius oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran karena dengan menj adi mahasiswa yang berprestasi akan memberikan dampak positif dan kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa itu sendiri untuk terus terpacu meningkatkan prestasi belajarnya. Prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi karena motivasi belajar berasal dari dalam diri mahasiswa itu sendiri dan motivasi belajar bisa menghindarkan mahasiswa dari kegagalan. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Program Studi Ilmu Keper awatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Metode : Metode penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan waktu cross sectional . Responden penelitian terdiri dari 142 responden Mahasiswa Semester II Program studi ilmu keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yoyakarta dengan pengambilan teknik proportional random sampling . Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan menggunakan rumus Kendall tau . Hasil : Hasil penelitian ini mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 79(55.6%) dan mahasiswa yang memiliki indeks prestasi belajar cume laude sebanyak 70 (49.3%), analisis uji kendall’s tau menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi p=0.05 diperoleh nilai p =0.003 sehingga nilai p<0.05. Simpulan : Ada hubungan Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Saran : Mahasiswa diharapkan untuk terus meningkatkan motivasinya g una mencapai prestasi belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penguji 1: Rosiana Nur Imalla penguji 2: Suryani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:44
Last Modified: 17 Nov 2017 04:16
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA