Khusna, Mifthahul and Suratini, Suratini (2017) STUDI KOMPARASI TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-6 TAHUN YANG MENGIKUTI PLAY GROUP DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI PLAY GROUP DI TK ABA MARGOLUWIH 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI MIFTHAHUL KHUSNA 201310201036.pdf Download (737kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Kemandirian merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki anak usia 4 - 6 tahun. Salah satu faktor yang menstimulasi tingkat kemandirian anak usia dini adalah program play group . Dengan memasukkan anak usia dini ke program play group diharapkan anak mempuny ai sikap yang mandiri, kreatif, cerdas dan bertanggung jawab. Dari Hasil Studi Pendahuluan Di TK ABA Margoluwih I ditemukan dari 51 siswa, terdapat 10 orang yang masih ditunggui oleh orangtuanya ketika disekolah, ini menunjukkan bahwa kemandirian 10 orang siswa yang masih ditunggui itu masih kurang. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak usia 4 - 6 tahun yang mengikuti play group dengan yang tidak mengikuti play group di TK ABA Margoluwih I Seyegan Sleman Yogyakarta Metode Penelitian : Desain Penelitian ini menggunakan metode study komparatif, dengan pendekatan waktu cross sectional . Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan responden 40 pasang orangtua dan anak, yang terdiri dari 20 responden yang pernah mengikuti play group dan 20 responden yang tidak pernah pengikuti play group . Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017. Analisis data yang digunakan adalah Mann - Whitney U Test untuk uji beda H asil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan responden yang pernah mengikuti play group sebagian besar mempunyai kemandirian kategori normal sebanyak 16 orang (80%) dan yang tidak pernah mengikuti play group sebagian besar mempunyai kemandirian kategori m eragukan sebanyak 11 orang (55%). Pada uji Mann - Whitney U Test menunjukkan angka 0,001 (p<0,05). Kes impulan : ada perbedaan tingkat kemandirian anak usia 4 - 6 tahun yang mengikuti play group dengan yang tidak mengikuti play group di TK ABA Margoluwih I Saran : Menyarankan orangtua untuk memasukkan anak ke program play group untuk menstimulasi kemandirian sejak usia dini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | penguji 1: Suratini penguji 2: Sugiyanto |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 02:17 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 04:10 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2549 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year