Angelisa, Adita Tri and Badi'ah, Atik (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi Dengan Metode Bermain Terhadap Perilaku Gosok Gigi Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (674kB) |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan motorik halus anak usia pra sekolah telah memungkinkan mereka mampu menggunakan sikat gigi dengan baik. Untuk membangun kedisiplinan sejak awal, anak disarankan menggosok giginya minimal dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Perawatan gigi yang tidak adekuat menyebabkan masalah yang paling umum dari seluruh masalah kesehatan gigi pada masa anak-anak yaitu gigi berlubang terutama pada gigi premier. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain dalam pendidikan kesehatan menggosok gigi terhadap perilaku gosok gigi pada anak usia pra sekolah. Metode Penelitian: Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen kuasi dengan rancangan separate sample pretest posttest. Uji normalitas kolmogorovsmirnov test digunakan untuk uji statististik, sedangkan wilcoxon signed rank test digunakan untuk analisis data. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 anak di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Teknik sampel yang digunakan adalah random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah lembar kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan menggosok gigi dengan metode bermain terhadap perilaku gosok gigi pada anak usia pra sekolah di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Dari analisis terhadap perilaku gosok gigi anak sebelum diberi perlakuan, diperoleh hasil 18 anak (72%) untuk perilaku sedang dan 7 anak (28%) untuk perilaku baik. Sedangkan sesudah diberi perlakuan, diperoleh hasil 7 anak (28%) untuk perilaku sedang dan 18 anak (72%) dengan perilaku baik. Analisis wilcoxon signed rank test menunjukkan hasil nilai Z -2,840 dengan taraf signifikansi 0,005 (p< 0,01). Simpulan: Ada pengaruh penggunaan metode bermain dalam pendidikan kesehatan menggosok gigi terhadap perilaku gosok gigi pada anak usia pra sekolah di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Saran: Para guru TK diharapkan dapat menggunakan metode bermain dalam melakukan kegiatan gosok gigi, sehingga efektifitas instruksi pembelajaran tentang perilaku gosok gigi dan kesehatan gigi anak dapat meningkat. Kata Kunci : Pendidikan kesehatan menggosok gigi, perilaku gosok gigi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Ery Khusnal Penguji 2 : Atik Badi'ah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 23 Oct 2015 04:45 |
Last Modified: | 26 Dec 2017 05:40 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/227 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year