SOFIANA, CYNTIA ZANA and Sarwinanti, Sarwinanti (2016) PENGARUH TERAPI BERMAIN BERCERITA TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK DEWI RATIH NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Lainnya thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
naskah publikasi cyntia zana sofiana 201110201078.pdf Download (639kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Bercerita memiliki banyak manfaat bagi pekermbangan sosial, emosi dan kognitif anak. Permainan bercerita juga dikenal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri anak. Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi bermain bercerita terhadap tingkat kepercayan diri anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Metode: Metode penelitian pre eksperimen dengan rancangan one-group pretestposttest deisgn. Responden penelitian terdiri dari 16 anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta dan diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner dengan teknik uji paired t-test. Hasil:Sebelum mendapatkan terapi bermain bercerita, anak dengan kepercayaan diri yang kurang adalah sebanyak 56,3%; Setelah mendapatkan terapi bermain bercerita, anak dengan kepercayaan diri yang cukup adalah sebanyak 75%; Ada pengaruh signifikan terapi bermain bercerita terhadap tingkat kepercayan diri anak TK Dewi Ratih Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Analisis paired t-test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : SARWINANTI Penguji 2 : WARSITI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 03:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2017 06:30 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year