Sholihah, Siti Maratus and Khusnal, Ery (2010) Perbedaan Perkembangan Anak Berdasarkan Status Lingkungan Pendidikan di Ketep Sawangan Magelang Jawa Tengah. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASPUB.pdf Download (547kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan adalah perubahan-perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaan atau kematangan (maturation). Perkembangan anak dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan anak yang baik akan membantu menuju tingkat kematangan akan tetapi lingkungan anak yang kurang baik dapat menyebabkan perkembangan anak menjadi tidak sesuai, yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan. Sehingga anak memerlukan intervensi dini secara cepat dan tepat untuk menangani permasalahan gangguan tumbuh kembang anak. Bentuk intervensi yang diberikan untuk mengatasi masalah tersebut seperti deteksi dini, stimulasi perkembangan dengan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Tujuan: Mengetahui adanya perbedaan perkembangan anak berdasarkan status lingkungan pendidikan di Ketep Sawangan Magelang Jawa Tengah. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan waktu cross sectional, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 28 orang dan cara pengumpulan data menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) tertutup. Analisis data menggunakan uji statistik Mann Whitney U Test. Waktu penelitian ini dilakukan bulan Juni 2010. Hasil Penelitian: Hasil uji statistik Mann Whitney U Test menunjukkan ada perbedaan yang bermakna pada perkembangan anak berdasarkan status lingkungan pendidikan dengan harga P< 0,05 dan asyimetri signifikan sebesar 0,013. Kesimpulan : Orang tua hendaknya menyadari pentingnya pendidikan dini (Play Group) dan mengikutsertakan anak. Selain itu Pemerintah desa, baik Polindes maupun Posyandu serta Dinas Kesehatan dan Puskesmas dapat melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi gangguan perkembangan pada anak. Saran: Penelitian selanjutnya perlu juga dilakukan penelitian lanjutan dengan menambah jumlah sampel, memperluas variabel dan instrumen penelitian, agar gangguan perkembangan anak dapat dilakukan upaya pencegahan dan penaggulangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Ery Khusnal Penguji 2 : Mamnu'ah |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 01 Dec 2015 05:57 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 03:01 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1809 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year