Hayati, Hayati and Indriasari, Fika Nur (2010) HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PASIEN TENTANG SIKAP CARING PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP KELAS III BANGSAL MARWAH DAN AROFAH RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASPUB.pdf Download (332kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: caring sebagai suatu bentuk moral yang berorientasi pada tujuan membantu orang lain mencapai aktualisasi diri, sikap rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain dan mempunyai rasa belas kasih atau empati. Bersikap caring merupakan esensi dalam praktik keperawatan yang dapat memberikan tingkat kepuasan terhadap pasien. Tujuan: mengetahui hubungan antara persepsi dengan kepuasan pasien tentang sikap caring perawat diruang rawat inap kelas III bangsal Marwah dan Arofah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 48 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi ganda. Hasil: Hasil perhitungan korelasi ganda R (0,533) yang dilakukan dengan uji F didapatkan nilai F hitung sebesar = 8,925 dengan taraf kesalahan 5% atau tingkat kepercayaan 95%, harga F tabel sebesar = 5,12 ternyata harga F hitung lebih besar dari F tabel (8,925 > 5,12). Karena F hitung > dari F tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi koefisien korelasi ganda yang ditemukan adalah signifikan itu berarti terdapat hubungan positif antara persepsi dengan kepuasan pasien tentang sikap caring perawat diruang rawat inap kelas III bangsal Marwah dan Arofah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kesimpulan: persepsi pasien terhadap sikap caring perawat adalah baik sebanyak 28 orang (58,3%), tingkat kepuasan pasien terhadap sikap caring perawat rata-rata puas sebanyak 28 orang (58,3%), dan sikap caring perawat dalam kategori kadang-kadang perawat bersikap caring sebanyak 21 orang (43,8%). Saran: diharapakan perawat selalu bersikap caring dalam memberikan pelayanan keperawatan sehingga tingkat kepuasan pasien tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Fika Nur Indriasari Penguji 2 : Syaifudin |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 05:30 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 07:29 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year