Kurniawati, Erna Yovi and Mufdlilah, Mufdlilah (2010) Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Hasil Belajar Micro Teaching Mahasiswa Semester II Program Studi D IV Bidan Pendidik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Yogyakarta 2010. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
JURNAL SKRIPSI ERNA YOVI KURNIAWATI 090104033.pdf Download (692kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Micro Teaching bertujuan melatih dan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa sebagai bekal pengembangan kompetensi yang diperlukan dan mampu menerapkan berbagai ketrampilan intelektual secara nyata serta sikap secara profesional (Hamruni, 2009). Faktor kecemasan apabila ada dalam ambang tertentu akan mendorong untuk memiliki kekuatan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Namun apabila kecemasan ini berlebihan, maka akan berdampak negatif terhadap kesiapan menghadapi ujian dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analisis, dengan pendekatan waktu Prospektif. Teknik total sampling dengan responden penelitian mahasiswa semester II Program Studi D IV Bidan Pendidik STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2010, berjumlah 58 mahasiswa. Pengumpulan data kecemasan menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale Anxiety, dan studi dokumentasi nilai micro teaching dari arsip akademik. Analisa data dengan Kendall Tau dan uji signifikansi koefisien korelasi dengan bantuan SPSS 15 for Windows. Hasil penelitian tingkat kecemasan mahasiswa adalah kecemasan ringan (14-20 gejala kecemasan) sebanyak 53.4%, hasil belajar microteaching teori, sklillabs dan nilai rata-rata micro teching termasuk dalam kategori grade A (>80). Absolut koefisien Kendall Tau sebesar (-0,442): ada hubungan tingkat kecemasan dengan hasil belajar micro teaching rata-rata, (-0.469): ada hubungan tingkat kecemasan dengan hasil belajar micro teaching teori di kelas, (-0, 536): ada hubungan tingkat kecemasan dengan hasil belajar micro teaching di skillslab. Keofisien korelasi Sign (2-tailed): 0,000**, hubungan tingkat kecemasan dengan hasil belajar micro teaching sangat signifikan. Nilai (-), hubungan berlawanan arah : semakin tinggi tingkat kecemasan maka hasil belajar micro teaching semakin rendah, dan sebaliknya (Sugiyono, 2007:183).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Mufdlilah Penguji 2 : Yukono |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 08:20 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 02:53 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1646 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year