Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar pada Mahasiswa Semester IV Diploma III Prodi Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta


Yulianti, Syami and Kartini, Farida (2015) Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar pada Mahasiswa Semester IV Diploma III Prodi Kebidanan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naskah publikasi.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Setiap orang belajar dengan cara yang berbeda dan semua cara sama baiknya. Dalam kenyataannya, kita memiliki gaya belajar yang bermacam-macam hanya biasanya satu gaya mendominasi. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk diketahuinya perbedaan prestasi belajar berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa semester IV Diploma III Prodi Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta karena dari hasil studi pendahuluan didapatkan hasil 10 mahasiswa lebih mudah mengingat pelajaran dari yang mereka lihat, 8 diantaranya dengan indeks prestasi diatas 3,00. Terdapat 1 mahasiswa mengingat pelajaran dari yang didengar dengan nilai prestasi belajar 3,27, serta 3 mahasiswa mengingat pelajaran dengan gerakan dan mengaplikasikannya. Dua dari 3 mahasiswa tersebut mempunyai indeks prestasi belajar diatas 3,00. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan waktu cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV prodi kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2011. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Untuk mendapatkan korelasi kedua variabel digunakan One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa dengan prestasi belajar sangat memuaskan sebanyak 114 (73,5%) dan sebagian mahasiswa mempunyai gaya belajar visual sebanyak 91 (58,7%). Pada uji varians, diperoleh nilai p = 0.645 untuk prestasi belajar semester I, p = 0.803 untuk prestasi belajar semester II, dan p = 0.663 untuk prestasi belajar semester III. Karena nilai p > 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan varians antara kelompok data yang dibandingkan. Saran bagi mahasiswa untuk mengetahui kemampuan mengingat dan gaya belajar yang dimiliki sehingga lebih dioptimalkan dan mencapai prestasi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Farida Kartini Penguji 2 : Hikmah Sobri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 19 Nov 2015 06:16
Last Modified: 08 Dec 2017 03:41
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA