Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Dismenorea terhadap Aktivitas Belajar Siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun 2011


Handayani, Trisna Yuni and Rokhanawati, Dewi (2011) Hubungan Dismenorea terhadap Aktivitas Belajar Siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun 2011. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar belakang : Tingkatan dismenorea antara wanita satu dengan wanita lain berbeda sehingga cara menanggulanginya pun berbeda. Dismenorea dapat mengganggu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari, dismenorea juga menyebabkan seorang pelajar kurang dapat berkonsentrasi terhadap pelajaran sehingga dapat berpengaruh terhadap proses pembelajarannya. Tujuan : Diketahui hubungan dismenorea dengan aktivitas belajar siswi di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta Tahun 2011. Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan waktu cross secional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta berjumlah 74 siswi. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling diperoleh sampel sebanyak 52 responden yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Analisa data dilakukan dengan rumus Spearman Rank. Hasil penelitian : Siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang mengalami dismenorea dengan kategori sedang yaitu 42 orang (80,8%) dan yang mengalami dismenorea berat yaitu 2 orang (3,8%). Siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang aktivitas belajarnya cukup terganggu yaitu 27 orang (51,9%) dan yang aktivitas belajarnya tidak terganggu yaitu 2 orang (3,8%). Hasil uji statitisk spearman rank didapatkan nilai ρ sebesar 0,402 dengan taraf signifikansi (p) 0,003. Kesimpulan : Ada hubungan dismenorea terhadap aktivitas belajar siswi SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta tahun 2011. Saran: Bagi Guru BK SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta agar dapat memberikan informasi kepada siswinya berupa pendidikan kesehatan reproduksi khususnya tentang dismenorea sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas siswi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Dewi Rokhanawati Penguji 2 : Nunik Endang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 19 Nov 2015 06:08
Last Modified: 27 Dec 2017 06:35
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA