Palupi, Ria Rizki and Syaifudin, Syaifudin (2012) Perbandingan Penggunaan Media Audio Visual dan Power Point Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester IV Tentang Tindakan Pertolongan Pertama Pada Anak di AKBID UMMI Khasanah Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_RIA RIZKI PALUPI.pdf Download (775kB) | Preview |
Abstract
Angka Kematian Bayi di Yogyakarta menurut Badan Pusat Statistik diestimasikan sebesar 19,92 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2005-2010, Angka Kematian Bayi tertinggi di Bantul 10 per 1.000 kelahiran hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Penggunaan media Audio Visual dan Power Point terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV tentang Tindakan Pertolongan Pertama Pada Anak di AKBID Ummi Khasanah Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan Pre-Posttest dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Eksperimen dilakukan terhadap kedua kelompok, masing-masing dikelompokan secara acak. Kelompok A menggunkan media Audio Visual, sedangkankan kelompok B menggunakan media Power Point. Masing-masing kelompok diberikan pretes dan posttest menggunakan serangkaian test objektif. Sampel yang digunakan sebanyak 52 orang. Data analisis dengan menggunakan analisis Paired Sample t-test dengan komputerisasi menggunakan SPSS FOR Windows Seri 16 dengan df= 50 pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian adalah hasil rata-rata posttest tentang Tindakan Pertolongan Pertama pada Anak kelompok A (Audio Visual) adalah 6,00. Kelompok B (Power Point) adalah 6,493. Didapatkan t-hitung = 1,244. Hal ini berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Taraf signifikansi uji 2 tailed adalah 0,225. Karena p>0,05 berarti secara statistic penggunaan media Audio Visual dan Power Point terhadap hasil pembelajaran tidak ada perbedaan. Kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan penggunaan media Audio Visual dan Power Point terhadap hasil pembelajaran. Saran yang diberikan yaitu perlu penelitian lebih lanjut dengan Video yang sudah paten, dan untuk AKBID Ummi Khasanah disarankan lebih atraktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Power Point.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1: Syaifudin Penguji 2: Dewi Rokhanawati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 08:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 06:23 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1526 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year