Hasan, Vivit Fitria and Kurniawati, Tenti (2014) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi dalam Mengikuti Pembelajaran Tutorial pada Mahasiswa D IV Bidan Pendidik Semester II di STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_VIVIT FITRIA HASAN.pdf Download (700kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Kemampuan komunikasi merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran tutorial karena kemampuan komunikasi mahasiswa menggambarkan kualitas dan kuantitas pembelajaran tutorial. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi adalah sikap keaktifan mahasiswa. Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam mengikuti pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV Bidan Pendidik semester II di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan waktu cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 131 mahasiswa. Analisis data penelitian ini menggunakan kendall tau. Hasil : Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kepercayaan diri dalam klasifikasi cukup yaitu sebanyak 67 mahasiswa (51,1%) dan sebagian besar kemampuan komunikasi dalam mengikuti pembelajaran tutorial mahasiswa DIV Bidan Pendidik semester II STIKES „Aisyiyah Yogyakarta dalam klasifikasi baik sekali, yaitu sebesar 87 mahasiswa (66,4%). Hasil analisis kendall tau diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,032 (< 0,05). Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi dalam mengikuti pembelajaran tutorial pada mahasiswa DIV Bidan Pendidik semester II di STIKES „Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014 Saran : Bagi dosen/fasilitator tutorial diharapkan agar menerapkan nilai-nilai Qur?ani dan memberikan pemantauan atau monitoring yang lebih baik pada mahasiswa sehingga akan terimplementasi dalam pembelajaran. Kata kunci : kepercayaan diri, kemampuan komunikasi dalam mengikuti pembelajaran tutorial Kepustakaan : 23 buku, 4 penelitian, 7 jurnal, 2 internet Halaman : xiv, 97 halaman, 5 tabel, 2 gambar, 14 lampiran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1: Tenti Kurniawati Penguji 2: Mufdlilah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 06:01 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 07:11 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1291 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year