Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Pemanfaatan e-Learning dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012


Anifah, Noor Rukhayatun and Sulistyaningsih, Sulistyaningsih (2012) Hubungan Pemanfaatan e-Learning dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_NOOR RUKHAYATUN ANIFAH.pdf

Download (707kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Prestasi selalu dihubungkan dengan pelaksanaan suatu kegiatan atau aktivitas. Upaya – upaya peningkatan prestasi belajar mahasiswa senantiasa terus dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi, pada setiap faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Dengan dibantu teknologi informasi, peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan dapat diatasi dengan e-learning. Meskipun telah disadari e-learning dapat membantu peningkatan kualitas pendidikan dan pengetahuan, saat ini pemanfaatannya belum sepenuhnya diterapkan di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan elearning dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Kebidanan DIII STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Penelitian ini adalah penelitian survey korelasi dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa D III Kebidanan semester IV di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 144 responden. Analisis data menggunakan uji Kendall Tau ( ). Pemanfaatan e-learning di STIKES ‘Aisyiyah adalah kurang baik sebanyak (50,0%) dan prestasi belajar responden sebanyak (79,9%) adalah sangat memuaskan. Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan e-learning dengan prestasi belajar di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta ( = 0,151). Saran untuk dosen STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta agar dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya meningkatkan kualitas kegiatan dan pemanfaatan fasilitas e-learning pada proses pembelajaran mahasiswa, dan perlu adanya evaluasi mengenai prestasi mahasiswa sehingga prodi dapat mengetahui perkembangan hasil belajar mahasiswa, serta memberi arahan atau motivasi untuk terus semangat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Sulistyaningsih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 17 Nov 2015 04:08
Last Modified: 26 Dec 2017 06:09
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA