Azizah, Estina Ulfa and Isnaeni, Yuli (2014) Hubungan Kualitas Model Pembelajaran Student Centered Learning dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Persalinan II Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_ ESTINA ULVA AZIZAH.pdf Download (766kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran. Data menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang memiliki nilai dibawah 70,00 (19,2%) sehingga perlu dilakukan perbaikan nilai. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas model pembelajaran student centered learning dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan persalinan II mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 Metode : Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi DIV Bidan Pendidik STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 sebanyak 141 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Proportional Random Sampling yaitu sebanyak 108 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Penelitian menunjukkan hasil belajar asuhan persalinan II sebagian besar dalam kategori baik sebesar 50,9%. Kualitas model pembelajaran student centered learning sebagian besar dalam kategori baik sebesar 77,8%. Hasil uji korelasi spearman rank diperoleh nilai p value (0,000) < ? (0,05) dengan nilai koefisien korelasi ? sebesar 0,417. Kesimpulan : Ada hubungan kualitas model pembelajaran student centered learning dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan persalinan II mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Saran : Diharapkan bagi institusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan terus meningkatkan kualitas pembelajaran student centered learning yang telah diterapkan di STIKES „Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan kualitas lulusan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1: Yuli Isnaeni Penguji 2: Suesti |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 01:53 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 04:49 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/958 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year