Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan Kualitas Model Pembelajaran Student Centered Learning dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Persalinan II Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014


Azizah, Estina Ulfa and Isnaeni, Yuli (2014) Hubungan Kualitas Model Pembelajaran Student Centered Learning dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Persalinan II Mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_ ESTINA ULVA AZIZAH.pdf

Download (766kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor dari luar maupun faktor dari dalam diri peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran. Data menunjukkan bahwa masih terdapat mahasiswa yang memiliki nilai dibawah 70,00 (19,2%) sehingga perlu dilakukan perbaikan nilai. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas model pembelajaran student centered learning dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan persalinan II mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 Metode : Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi DIV Bidan Pendidik STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014 sebanyak 141 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Proportional Random Sampling yaitu sebanyak 108 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil : Penelitian menunjukkan hasil belajar asuhan persalinan II sebagian besar dalam kategori baik sebesar 50,9%. Kualitas model pembelajaran student centered learning sebagian besar dalam kategori baik sebesar 77,8%. Hasil uji korelasi spearman rank diperoleh nilai p value (0,000) < ? (0,05) dengan nilai koefisien korelasi ? sebesar 0,417. Kesimpulan : Ada hubungan kualitas model pembelajaran student centered learning dengan hasil belajar mata kuliah asuhan kebidanan persalinan II mahasiswa DIV Bidan Pendidik Reguler Semester III STIKES „Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Saran : Diharapkan bagi institusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan terus meningkatkan kualitas pembelajaran student centered learning yang telah diterapkan di STIKES „Aisyiyah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan kualitas lulusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1: Yuli Isnaeni Penguji 2: Suesti
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:53
Last Modified: 27 Dec 2017 04:49
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA