Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh Pelatihan Pengenalan Diri terhadap Harga Diri pada Anak Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta


Pramudiastuti, Widyatin and Mamnu’ah, Mamnu’ah (2012) Pengaruh Pelatihan Pengenalan Diri terhadap Harga Diri pada Anak Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_WIDYATIN PRAMUDIASTUTI_080201013.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah: Anak usia sekolah merupakan anak yang berada pada rentang kehidupan antara umur 6 sampai kira-kira pada umur 12 tahun. Pada masa ini, pemahaman dan penilaian mengenai diri semakin berkembang menjadi lebih sadar dan realistis yang berdampak pada perkembangan harga diri anak. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap harga diri anak kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah (10-11 tahun) yang duduk di kelas V Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta sebanyak 26 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Coopersmith Self-esteem Inventory bentuk pendek. Analisis data menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian: Hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,183 (p > 0,05), berarti tidak ada perbedaan harga diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan pengenalan diri pada kelompok eksperimen. Hasil uji independent sample t-test. didapatkan nilai signifikansi 0,361 (p > 0,05), berarti tidak ada perbedaan harga diri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pelatihan pengenalan diri. Kesimpulan: Tidak ada pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap harga diri anak kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta. Saran: Bagi wali kelas dan guru mata pelajaran agar dapat memadukan antara intervensi langsung berupa pujian dan umpan balik kinerja dengan pendekatan tidak langsung berupa pembinanaan pada bidang-bidang khusus seperti kinerja akademik sebagai pelajar, terbinanya hubungan dengan teman sebaya, dan kinerja motorik agar dapat meningkatkan harga diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Mamnu'ah Penguji 2 : Yuni Purwati
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 03 Nov 2015 04:07
Last Modified: 29 Dec 2017 07:18
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA