Suryati, Suryati and Syaifudin, Syaifudin (2012) Hubungan antara Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Salah satu yang menentukan kepuasan pasien adalah mutu pelayanan keperawatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan (Rumah Sakit) di mata masyarakat. Salah satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien harus senantiasa terjaga bila Rumah Sakit ingin tetap eksis dalam pelayanan kesehatan. Selain faktor mutu pelayanan keperawatan ada juga faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu karakteristik produk, Harga, Pelayanan, Lokasi, Fasilitas, Image, Desain visual, Suasana, Komunikasi. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di kelas 3 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasi. Metode pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang rawat inap di bangsal Marwah dan Arofah Rumah Sakit PKU Muhammadiah Yogyakarta, sejumlah 400 responden. Sampel diambil dengan simple random sampling, sejumlah 67 responden. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis untuk menguji hipotesis analisis korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian: menunjukan bahwa mutu pelayanan keperawatan yang diberikan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam katagori baik (55,2%), dan kepuasan pasien rawat inap di RS.PKU Muhammadiyah Yogyakarta termasuk katagori puas (95,5%). Kesimpulan: ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Saran: Diharapkan bagi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta agar lebih memperhatikan pelayanan, dengan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien dapat terwujud.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Syaifudin Penguji 2 : Tenti Kurniawati |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 03 Nov 2015 03:23 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 04:41 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/917 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year