Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Studi Komparasi Promosi Kesehatan antara Simulasi dan Penayangan Video terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Usia sekolah di SD N Kaliduren Moyudan Sleman Yogyakarta


Astuti, Ery and Badi'ah, Atik (2012) Studi Komparasi Promosi Kesehatan antara Simulasi dan Penayangan Video terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Usia sekolah di SD N Kaliduren Moyudan Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI_ERY ASTUTI.pdf

Download (715kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Kesehatan personal hygiene anak sekolah adalah memelihara kebersihan diri yang meliputi kebersihan kuku, rambut, mulut, gigi dan cuci tangan. Tidak tersedianya informasi yang benar menyebabkan masalah kesehatan pada anak. Dampak yang sering timbul pada masalah personal hygiene yaitu gangguan fisik seperti karies gigi yang menyebabkan gigi sakit, berlubang, kutu rambut, ketombe, gangguan fisik pada kuku, cacingan, diare, dan lain-lain. Salah satu solusinya dengan memberikan promosi kesehatan melalui metode yang tepat. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan perilaku personal hygiene anak usia sekolah setelah diberikan promosi kesehatan melalui metode simulasi dan penayangan video. Metode Penelitian : Metode penelitian ini adalah rancangan praeksperimen dengan rancangan one group pretest postest, dengan subyek penelitian siswa kelas III yang ditentukan sebagai kelompok perlakuan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 18 responden di setiap lokasi sehingga total keseluruhan berjumlah 36 responden. rentang usia subyek penelitian yaitu usia 7-11 tahun. Analisis data menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil Penelitian : Berdasarkan Uji Mann Whithey terdapat perbedaan yang bermakna setelah perlakuan melalui metode simulasi dalam meningkatkan pengetahuan anak. Sedangkan, metode penayangan video tidak dapat meningkatkan pengetahuan anak dengan hasil p= 0,103 > 0,05. Tidak ada perbedaan bermakna dalam meningkatkan perilaku setelah perlakuan simulasi dan penayangan video dengan hasil p= 1,000 > 0,05. Kesimpulan dan Saran : Hasil uji menunjukkan bahwa metode simulasi lebih efektif dari pada penayangan video dalam meningkatkan pengetahuan anak, sedangkan dalam meningkatkan perilaku tidak ada perbedaan yang signifikan melalui metode simulasi dan penayangan video. Saran penelitian, perlu meningkatkan promosi kesehatan secara berkala dari sekolah sebagai upaya preventif agar terhindar dari masalah kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penguji 1 : Atik Badi'ah Penguji 2 : Noorwahyu Trihidayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 31 Oct 2015 06:04
Last Modified: 27 Dec 2017 03:35
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA