Puspitasari, Eka and Kurniawati, Tenti (2012) Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
naskah publikasi eka 4.pdf Download (840kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang: Salah satu yang menentukan kepuasan pasien adalah perilaku caring perawat, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan (rumah sakit) di mata masyarakat Hasil studi pendahuluan diperoleh dari tujuh pasien, lima diantaranya mengatakan kurang puas terutama yang berhubungan dengan sikap perawat selama pasien dirawat seperti perawat yang tidak memperkenalkan diri mereka sebelum melakukan tugasnya, serta kurang tanggap dan cepat ketika dimintai bantuan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Bangsal Multazam, Bangsal Raudhah, Bangsal Marwah dan Bangsal Arafah RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta yaitu 30 pasien. Metode pengambilan sampel dengan sampling kuota sebanyak 30 pasien. Analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Hasil: Menunjukkan bahwa sebagaian besar responden menilai perilaku caring perawat dalam klasifikasi baik sebanyak 16 orang (53,3%) dan kepuasan pasien rawat inap dalam klasifikasi sedang sebanyak 19 orang (63,3%). Hasil analisis statistik Kendall's Tau sebesar 0,404 dengan tingkat signifikansi 0,005 menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kesimpulan: Ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Saran: Diharapkan Kepala Bidang Keperawatan dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan, khususnya perilaku caring perawat kearah lebih baik sehingga pasien merasa puas dengan jasa yang diberikan dan memberikan citra baik dimasyarakat dengan lebih meningkatkan pemantauan dan evaluasi berkala.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Tenti Kurniawati Penguji 2 : Lutfi Nurdian Asnindari |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 31 Oct 2015 05:07 |
Last Modified: | 30 Dec 2017 02:33 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/795 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year