Lestari, Dewi and Sumarni, Sumarni (2012) Hubungan antara Toleransi Stres dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_DEWI LESTARI.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang : Kondisi stres pada manusia sangat berdampak pada kelanjutan hidupnya. Bagi mahasiswa kondisi stres akan berdampak pada prestasi belajar. Sehingga diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara toleransi stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan non eksperimen, dengan desain kuantitatif menggunakan metode deskriptif dan pendekatan cross sectional, dengan subyek penelitian mahasiswa tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta berjumlah 34 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuisioner toleransi stres dan Indeks Prestasi Kumulatif. Analisa data menggunakan uji Kendal Tau. Hasil penelitian: Toleransi stres pada mahasiswa tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta berada dalam kategori rendah (79.4%). Prestasi belajar pada mahasiswa tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan di STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta berada dalam kategori cukup baik (91.2%). Kesimpulan dan saran: Ada hubungan yang lemah antara toleransi stres dengan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat IV Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta tahun 2012. Hasil perhitungan uji korelasi Kendal Tau diperoleh nilai signifikan (p=0,573). Saran untuk mahasiswa diharapkan lebih memahami stres sehingga dapat mengontrol toleransi stres, meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan prestasi belajar. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam mengontrol stres yang muncul sehingga dengan menurunnya tingkat stres yang dialaminya maka prestasi belajarnya akan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Sumarni Penguji 2 : Ruhyana |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 31 Oct 2015 03:59 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 03:48 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year