Arlita Puji Astuti, 1910801005 and Ratna Yunita Setiyani, S, S.PSI, M.PSI and Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog (2023) Hubungan antara fanatisme dengan perilaku komsumtif penggemar k-pop pada remaja di D.I. Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
1910801005_Arlita Puji Astuti_PSIKOLOGI_NASKAH PUBLIKASI - Ar lita Astuti.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang: Fanatisme dideskripsikan sebagai suatu bentuk „antusiasme‟ (enthusiasm) dan „kesetiaan‟ (devotion) yang berlebih atau ekstrem. „Enthusiasm‟ di sini mengimplikasikan tingkatan „keterlibatan‟ dan ketertarikan atau kepedulian terhadap objek fanatik, sementara, devotion‟ mengimplikasikan keterikatan emosi dan kecintaan, komitmen, serta dibarengi dengan adanya tingkah laku secara aktif. Loyalitas mengacu pada kesetiaan yang ditunjukkan penggemar terhadap kesukaannya terhadap grup music idola k-pop. Perilaku konsumtif telah melanda semua kalangan masyarakat, salah satunya ialah kaum remaja. Perilaku konsumtif yang diartikan sebagai tidakan memakai suatu produk secara tidak tuntas Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif pada remaja pengemar k-pop di D.I.Yogyakarta. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 151 responden yang merupakan remaja yang berdomisisli di D.I Yogyakarta. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu Fnatisme dan Perilaku Konsumtif. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian: Berdasarkan uji linearitas pada table diatas menunjukkan bahwa nilai signifikan (Deviation From Linearity) >0,05 yang mana menunjukkan 038. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel yaitu vaariabel Fnatisme dan Perilaku Konsumtif memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan Berdasarkan tabel diatas diketahui nilai R Squared adalah 737 atau 73,7%. maka dapat dikatakan bahwa data tersebut linear. Hasil dari analisis yang telah dilakaukan menggunakan korelasi pada peelitian ini, didapatkan nilai signifikan tabel menunjukkan angka koefisien korelasi pearson sebesar 858 . Tanda ** artinya menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada taraf signifikansi 0,001 antar variabel fanatisme dan perilaku konsumtif. Berdasarkan kriteria yang terdapat diatas, hubungan kedua variabel signifikan karena angka signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Karena arah angka koefisien koerlasinya positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Psychology |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 07:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 07:09 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/7065 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year