Irkhamiyati, MIP. (2023) Manfaat Kemas Ulang Informasi di TikTok @unisa_cringe untuk Promosi Perpustakaan UNISA Yogyakarta. In: Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Kreasi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Ekosistem Digital di Era Society 5.0. UPT. Perpustakaan ISI Surakarta, Surakarta, pp. 57-81. ISBN 978-623-6469-45-3
Text
Irkhamaiyati_Manfaat Kemas Ulang Informasi di TikTok @unisa_cringe untuk Promosi Perpustakaan UNISA Yogyakarta.pdf Download (776kB) |
Abstract
Perpustakaan harus mampu memberikan aneka ragam layanan guna memenuhi kebutuhan pemustakanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui manfaat kemas ulang informasi di Tiktok @unisa_cringe untuk promosi Perpustakaan UNISA Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Pengambilan datanya bersumber pada data primer partisipan dengan wawancara, dan data sekunder observasi di TikTok @unisa_cringe. Teknik analisis datanya dengan analisis interaktif yang mencakup analisis kebutuhan dan usulan desain, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Waktu penelitian bulan Juni 2023 di UNISA Yogyakarta. Uji kredibilitas dengan triangulasi waktu dan uji komformabilititas digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan TikTok @unisa_cringe ada 15 kemas ulang informasi yang berhubungan dengan Perpustakaan UNISA Yogyakarta. TikTok tersebut bermanfaat sebagai media promosi perpustakaan. Tujuan promosi untuk mengenalkan hal-hal yang berhubungan dengan perpustakaan, layanan perpustakaan, mempengaruhi dan membujuk pemakai untuk menggunakan perpustakaan, dan sebagai pengingat serta untuk meningkatkan pemakaian perpustakaan terlaksana. Namun belum memperlihatkan spesifikasi subyek layanan tertentu, sehingga perlu dikembangkan lagi. Judul kemas ulang informasi Ganteng-Ganteng Juga Butuh ke Perpus, menjadi postingan yang menempati urutan jumlah like, jumlah komentar, dan jumlah penonton terbanyak . Keimpulannya Perpustakaan UNISA Yogyakarta belum banyak melakukan kemas ulang informasi dan masih terbantu melalui TikTok @unisa_cringe sebagai media promosi. Penulis menyarankan agar Perpustakaan UNISA Yogyakarta bisa menjalin kerja sama dengan akun admisi tersebut untuk menghasilkan konten yang sama-sama menguntungkan sebagai promosinya. Dengan demikian konten akan lebih beragam, menarik, semakin luas jangkauannya, dan mudah dalam menemukannya.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Communication |
Depositing User: | Dita Rachmawati |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 02:55 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 02:55 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/7063 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year