Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Hubungan perilaku bermain game online mobile legends dengan Interaksi sosial pada remaja


Asmi pujiningtyas, 1910801084 and Tri Winarsih, S. Psi., M. Psi., Psikolog and Komarudin, S.Psi., M.Psi., Psikolog (2023) Hubungan perilaku bermain game online mobile legends dengan Interaksi sosial pada remaja. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
Naskah Publikasi_1910801084_Asmi Pujiningtyas_Psikologi S1 - Asmi Pujiningtyas.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Pada hakekatnya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat lepas dengan manusia lainnya dan mempunyai hasrat untuk berkomunikasi atau bergaul dengan orang lain. Ditinjau dari sudut pekembangan manusia, kebutuhan untuk berinteraksi sosial yang paling menonjol terjadi pada masa remaja. Pada masa remaja, seorang individu berusaha untuk menarik perhatian orang lain menghendaki adanya popularitas dan kasih sayang dari teman sebaya. Remaja secara pisikologis dan sosial berada dalam sosial dan berada dalam situasi yang peka dan kritis. Peka terhadap perubahan, mudah terpengaruh oleh berbagai perkembanngan di sekitarnya (Hrlock, 2008). Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional dimana penelitian ini digunakan dengan analisa melalui perhitungan angka. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah remaja daerah istimewa Yogyakarta (DIY). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik perhitumgan angka. sampel yang digunakan adalah remaja di wilayah DIY yang berjumlah 100 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Análisis data menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan perilaku bermain game online mobile legends dengan interaksi sosial yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Tabel menunjukkan bahwa nilai sumbangan relatif untuk kedua variabel yang dilihat dari tabel measure of association yakni menunjukkan nilai R square sebesar 0,257. Artinya hubungan bermain game online terhadap interaksi sosial remaja pada remaja sebesar 25,7%. Sementara sisanya 74,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel interaksi sosial remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Psychology
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 28 Oct 2023 03:44
Last Modified: 28 Oct 2023 03:44
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA