Fitriana Nurhidayah Haruminingsih, 1810301162 and Rizky Wulandari, SST, M.Fis and Ummy Aisyah N, S.ST.FT, M.Fis (2022) Efektivitas brain gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak autis khusus autisme Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
1810301162_FitrianaNH_Naspub_S1 Fisioterapi - fitri hidayah.pdf Download (888kB) |
Abstract
Latar Belakang : Autis atau autisme memiliki arti yang hanya tertarik pada dunianya sendiri. Anak autis memiliki keterbatasan atau gangguan perkembangan, gangguan pertumbuhan, gangguan berbicara sehingga berdampak pada pada aktivitasnya. Perilaku anak autis cenderung berlebihan seperti memukul, mengamuk, berperilaku agresif, hiperaktif, beberapa diantaranya hipoaktif, sulit memahami dan menggunakan bahasa dan sulit berkonsentrasi. Terganggunya konsentrasi belajar mengakibatkan siswa tidak dapat menerima materi dengan baik dan terhambatnya dalam menyelesaikan tugas sehingga mempengaruhi hasil belajar. Brain gym atau yang dikenal dengan senam otak merupakan gerakan sederhana yang akan merangsang kerja otak secara optimal. Brain gym dapat mengaktifkan kedua belah otak ketika kedua hemisfer otak terhubung oleh corpus collosum, jalannya informasi dari kedua belah otak menyilang maka akan akan meningkatkan kemampuan belajar dan konsentrasi. Tujuan : Untuk mengetahui apakah efektivitas brain gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak autis di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen menggunakan one group design pre-test and post-test research design, 20 anak autis menjadi sampel dengan teknik purposive sampling dan diberi perlakuan brain gym 4 kali seminggu selama 2 minggu dan sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner konsentrasi belajar. Hasil Penelitian : Pada hasil uji Spearman’s rank correlation pada pre-test p=0.000 dan post-test mendapatkan p=0.000 (p<0.05) sehingga maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari pernyataan tersebut bahwa ada pengaruh efektivitas brain gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar. Kesimpulan : Ada efektivitas brain gym terhadap peningkatan konsetrasi belajar anak autis di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta. Saran: Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan kelompok kontrol dan dapat menerapkan brain gym lebih dari 2 minggu, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 04:07 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 04:07 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6528 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year