Felisa Zulka Kharisni, 1811604066 and Raden Sugeng Riyadi, S.ST., M.Psi and Nuli Nuryanti Zulala, S.ST., M.Kes (2022) Hubungan lingkungan belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa keperawatan anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta angkatan 2018. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
Naskah Publikasi Felisa Zulka K - Felisa Zulka.pdf Download (522kB) |
Abstract
Latar belakang: Lingkungan belajar merupakan sesuatu yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar baik secara fisikal maupun sosial dimana individu dapat dipengaruhi oleh lingkungan begitu juga lingkungan dapat dipengaruhi oleh individu. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Angkatan 2018. Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian observasi dengan desain Cross Sectional menggunakan pendekatan korelasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DREEM dengan 50 butir pertanyaan . Responden yang digunakan berjumlah 112 mahasiswa angkatan 2018. Hasil penelitian: Berdasarkan hasil analisis bivariat SPSS dengan uji Spearman Rank , didapatkan data hubungan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar pvalue <0,4894 (p<0,05), Simpulan dan saran: Menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat terpacu dan termotivasi untuk meningkatkan belajar dengan mencapai hasil belajar yang maksimal, dengan lingkungan belajar yang sudah baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RD Surgery |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Health Analyst |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 03:17 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 03:17 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6340 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year