Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Pengaruh pemberian edukasi pre-operatif terhadap tingkat kecemasan pasien : literature review


Ayu Novita Sari, 1811604020 and Raden Sugeng Riyadi, S.ST., M.Psi and Suyani, S.ST., M.Keb (2022) Pengaruh pemberian edukasi pre-operatif terhadap tingkat kecemasan pasien : literature review. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASPUB_1811604020-D4 KEP.ANESTESI-AYU NOVITA SARI - Cimoy yy.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang: Kecemasan pre-operatif adalah gangguan perasaan yang dialami seseorang yang akan menjalani operasi. Penyebab kecemasan pre-operatif yaitu kurangnya pengetahuan mengenai pembedahan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi pre-operatif terhadap tingkat kecemasan pasien. Metode: Penelitian menggunakan Literature Review, penelusuran literature melalui Google Scholar, Pubmed dan Sciencedirect (2017-2021). Artikel yang lulus uji kelayakan JBI Critical Appraisal didapatkan 6 artikel. Hasil: Terdapat hubungan antara pemberian edukasi pre-operatif terhadap tingkat kecemasan pasien. Simpulan: Edukasi pre-operatif berpengaruh terhadap tingkat kecemasan pasien. Saran: Dosen Univeritas ‘Aisyiyah Yogyakarta dapat menjadikan hasil literature ini sebagai reverensi. Penata anestesi dapat meningkatkan edukasi terkait pembedahan. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Health Analyst
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 29 Oct 2022 02:39
Last Modified: 29 Oct 2022 02:39
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6314

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA