Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PERBANDINGAN PELAYANAN BPJS DAN NON BPJS DI RAWAT INAP: LITERATURE REVIEW


Amalia Surya Lestari, 1710201129 and Rosiana Nur Imallah, S.Kep.,Ns., M.Kep and Noor Ariyani ROkhmah, S.Kep., Ns., M.Kep. (2021) PERBANDINGAN PELAYANAN BPJS DAN NON BPJS DI RAWAT INAP: LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img] Text
NASPUB_AMALIA SURYA LESTARI - Amalia.pdf

Download (767kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), seluruh rakyat Indonesia yang terdaftar melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi hak kesehatan tiap individu masyarakat Indonesia. Seiring dengan bertambahnya pengguna BPJS, timbul banyak persoalan yang terjadi di Rumah Sakit terkait dengan pelayanan pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan. Perbedaan pelayanan yang didapatkan oleh pengguna BPJS dan pasien non BPJS menunjukkan kesimpangsiuran aturan, kesepakatan, dan kerjasama antara pemerintah selaku penggagas dan para penyedia layanan kesehatan. Gejala ketidakberesan tersebut dapat membuat rumah sakit cenderung lebih mengutamakan minatnya untuk melayani pasien umum (non BPJS) dibandingkan dengan pasien BPJS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kualitas pelayanan di rawat inap BPJS dan non BPJS berdasarkan penelusuran literature review. Kajian literature review menggunakan artikel yang berasal dari database Google Scholar, Portal Garuda dan ProQuest (2018- 2020) kemudian diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan tinjauan literature review dari 19 jurnal didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan fasilitas ruang tunggu serta kualitas pelayanan yang berbeda antara pasien BPJS dan non BPJS. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan pelayanan yang signifikan antara pasien BPJS dan non BPJS, selain itu pasien juga mengeluhkan adanya perbedaan fasilitas yang didapatkan. Disarankan kepada petugas kesehatan agar mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien tanpa membeda-bedakan pasien BPJS maupun non BPJS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Rawat inap, BPJS
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:56
Last Modified: 26 Nov 2021 02:56
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA