Nur istiqomah, 1610301122 and Lailatuz Zaidah, SST. Ft.,M.Or and M. Ali Imron, S.Sos., M.Fis (2020) PENGARUH AKTIVITAS FISIK TERHADAP KOGNITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DITINJAU DENGAN METODE NARRATIVE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Text
NUR ISTIQOMAH_1610301122_FISIOTERAPI S1 - Nur Istiqomah1307.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Ada asumsi yang menyatakan bahwa aktivitas fisik memiliki efek mampu meningkatkan kinerja fungsi kognitif anak usia sekolah dasar. Namun, masih sedikit bukti penelitian yang telah ditemukan. Kognitif mempunyai peran penting dalam pembelajaran di sekolah dan mampu mempengaruhi prestasi anak pada usia sekolah dasar. Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh aktivitas fisik terhadap fungsi kognitif pada anak usia sekolah dasar. Metode Penelitian: Menggunakan metode narrative review, yaitu mengumpulkan sepuluh artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi dan diidentifikasi menggunakan rumus PICO. Menentukan kata kunci untuk pencarian di database. Menggunakan tiga database yaitu Pubmed, Pedro, dan Google Scholar. Setelah melakukan pencarian di tiga database, dan tahap terakhir adalah membuat sebauh diagram yaitu PRISMA Flow Chart. Hasil Penelitian: Aktivitas fisik mampu meningkatkan kinerja pada fungsi kognitif. Komponen fungsi kognitif yang dipengaruhi seperti attention, konsentrasi, memori, psikomotorik, fungsi eksekutif, penalaran logis, faktor verbal, faktor numerik, dan faktor spasial. Selain itu, juga mempengaruhi massa lemak, massa bebas lemak, kebugaran otot, kardiorespirasi, dan kortisol saliva. Ada enam jurnal yang mendapatkan hasil signifikan aktivitas fisik meningkatan kinerja fungsi kognitif pada tetapi tidak semua jurnal mendapatkan hasil yang signifikan, ada empat jurnal yang mendapatkan hasil yang tidak signifikan dalam meningkatan fungsi kognitif pada anak usia sekolah dasar. Kesimpulan: Ada pengaruh aktivitas fisik terhadap kognitif pada anak usia sekolah dasar. Ada jurnal yang mendapatkan hasil yang tidak signifikan, disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan pembuluh darah di otak yang menyebabkan kelelahan otak, diperlukan sesi latihan dengan durasi yang lebih lama, tingkat kesulitan yang tinggi menyebabkan tuntutan / upaya kognitif yang substansial selama latihan, menghabiskan sumber daya kognitif anak-anak dan menghambat perbaikan dalam kognitif. Saran: Untuk peneliti selanjutnya, saya harapkan nanti mampu untuk melakukan penelitian dipelayanan fisioterapi dengan responden anak usia sekolah dasar, dengan memperhatikan karakteristik aktivitas fisik, jenis aktivitas fisik dan melakukan penilaian sebelum, segera sesudah, dan 1 jam setelah melakukan aktivitas fisik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas fisik, Kognitif, Anak |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 03:04 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5727 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year