Syifa Annida, 1610104070 and Rosmita Nuzuliana, S.ST., M. Keb and Belian Anugrah Estri, S.ST., MMR (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN LABORATORIUM. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Text
SYIFA ANNIDA_1610104070_SARJANA TERAPAN KEBIDANAN_NasPub - Syifa Annida.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Mengetahui kepuasan pasien sangat bermanfaat bagi instansi terkait dalam evaluasi program yang sedang dijalankan dan dapat menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Laboratorium medik merupakan salah satu bagian laboratorium yang dilengkapi dengan berbagai instrumen biomedis, peralatan, bahan dan reagen (Bahan Kimia) untuk melakukan berbagai kegiatan pemeriksaan leboratorium dengan menggunakan spesimen biologis (whole, blood, serum, plasma, urine, tinja, dll). Salah satu upaya yang dilakukan agarm pelayanan laboratorium dapat mencapai sasaran yaitu dengan mengoptimalkan layanan laboratorium kepada mahasiswa. Pelayanan harus memperhatikan kaidah manajemen kualitas pelayanan. Tujuan literature review untuk menganalisis literature yang berhubungan dengan Kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan laboratorium, metode yang digunakan dalam literature review ini menggunakan strategi secara komprehensif baik nasional maupun internasional, seperti artikel dalam data base jurnal penelitian, pencarian melalui internet, tinjauan ulang artikel antara lain science direct, dan juga google scholar. Pada tahap awal pencarian artikel menggunakan kata kunci “kepuasan, kualitas pelayanan, laboratorium” dengan menggunakan 10 jurnal dengan rentang tahun terbit 2010-2020. Kemudian memilih artikel yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh penulis. Berdasarkan hasil literature review yang telah dianalisis didapatkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan terhadap pelayanan laboratorium yaitu bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Disarankan pada petugas laboratorium untuk lebih mengoptimalisasi dan mengatur kegiatan mahasiswa dalam laboratorium tersebut serta melengkapi alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Pelayanan, Laboratorium |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 03:41 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:41 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5294 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year