Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

Strategi Komunikasi Kampanye “Adopt don’t Buy” Komunitas Adopsi di Kota Yogyakarta


Ella Antika, and Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali, (2020) Strategi Komunikasi Kampanye “Adopt don’t Buy” Komunitas Adopsi di Kota Yogyakarta. JURNAL AUDIENS, VOL. 1 (2).

[img] Text
1610901010-Ella Antika- Komunikasi- Strategi Komunikasi Kampanye “Adopt don’t Buy” Komunitas Adopsi di Kota Yogyakarta - Ella Antika.pdf

Download (550kB)
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Hewan-hewan peliharaan saat ini, dapat ditemukan di sekitar kita dalam keadaan terlantar dan liar. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan jumlah pembuangan dan penelantaran hewan peliharaan yang tinggi. Animal Friend Jogja (AFJ) menyatakan bahwa sebanyak 393 laporan kasus pembuangan dan penelantaran hewan peliharaan, termasuk 96 laporan terkait kelebihan populasi sejak bulan Januari sampai Oktober tahun 2019. Kampanye “Adopt don’t Buy” merupakan gerakan yang dilakukan oleh komunitas adopsi organisasi non profit pecinta hewan yang ada di Kota Yogyakarta. Gerakan ini mengusung pesan “Adopsi Bukan Beli” yang bertujuan untuk membantu menyelamatkan hewan terlantar tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dalam kampanye “Adopt don’t Buy” melalui media sosial. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi strategi komunikasi dalam kampanye “Adopt don’t Buy”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan ialah dengan mengutamakan pemilihan komunikator yang baik dalam hal ini para selebritis influencer, Musisi lokal Yogyakarta baik secara langsung lewat kampanye pertunjukkan dan lewat media sosial. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa Kampanye Adopt don’t buy mampu menarik perhatian masyarakat lewat strategi komunikasi yang telah diterapkan hal ini ditandai dengan antusias masyarakat saat kampanye pertunjukkan berlangsung, bertambahnya anggota dan jumlah followers yang meningkat di Instagram

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adopt don’t Buy, Hewan Peliharaan, Strategi Komunikasi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Communication
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:31
Last Modified: 21 Oct 2021 03:31
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA