Intan Regina Mahgfirani, 1611001002 and Gerry Katon Mahendra, S.IP., M.I.P and Erni Saharuddin, S.SOS., MPA and Muhammad Khozin, S.IP., MPA (2020) AKUNTABILITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN SURAT IZIN MENGEMUDI DI POLRES KEDIRI TAHUN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Akuntabilitas publik merupakan kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban serta menerangkan kinerja dan tindakan seseorang maupun badan hukum kepada pihak lain yang telah memiliki hak dan kewajiban untuk meminta kewajiban pertanggungjawaban. Pedoman pelaksanaan pelayanan publik mengacu pada Undang-undang No. 25 Tahun 2009. Dalam hal ini, peneliti akan membahas tentang akuntabilitas pelayanan publik di Polres Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akuntabilitas pelayanan publik pada Satpas Satlantas Polres Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas kinerja pelayanan publik yang dilakukan di Polres Kediri sudah baik. Dapat dilihat dari profesionalisme petugas pelayanan Polres Kediri yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, dan tidak adanya penyimpangan yang terjadi dan dilakukan oleh petugas pelayanan di Polres Kediri yang dibuktikan dengan tidak adanya keluhan dari masyarakat terkait hal tersebut. Selanjutnya, akuntabilitas biaya pelayanan publik yang dilakukan di Polres Kediri sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan biaya pelayanan yang sesuai dengan Standart Operasional Prosedur yang telah ditetapkan, tidak ada keluhan masyarakat mengenai biaya pelayanan SIM, dan upaya petugas untuk meminimalisir adanya calo. Selanjutnya, akuntabilitas produk pelayanan publik yang dilakukan di Polres Kediri sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan masalah persyaratan teknis dan administratif, keabsahan produk, serta pengambilan produk pelayanan di Polres Kediri yang sudah dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, berkaitan dengan prosedur kerja dan standart pelayanan publik yang ada di Polres Kediri sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terakhir, faktor yang menghambat proses pelayanan publik di Polres Kediri adalah masalah teknis berupa ketidakstabilan pada server. Pihak Polres Kediri berupaya menyelesaikan hambatan tersebut dengan cara menyiapkan pendaftaran secara manual, jika pendaftaran online sedang tidak bisa diakses.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Pelayanan, Publik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography |
Divisions: | Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Public Administration |
Depositing User: | Admin Mr. Admin |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 06:41 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:41 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5124 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year