Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

KINERJA PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI


Administrasi Publik, 1611001003 and Nur Fitri Mutmainah, S.IP., MPA and Dewi Amanatun Suryani, S.IP., MPA and Muhammad Khozin, S.IP., MPA (2020) KINERJA PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://digilib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Salah satu pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah terkait dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan peningkatan minat baca terhadap masyarakat adalah pelayanan perpustakaan, sebagaimana tercantum dalam pasal 3 UndangUndang No.43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Kinerja Perpustakaan adalah gambaran atas keberhasilan ataupun kegagalan penyelenggaraan perpustakaan. Dalam hal ini, peneliti akan membahas tentang Kinerja Pelayanan Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan perpustakaan dan mengetahui Faktorfaktor apa yang mempengaruhi Kinerja Pelayanan Perpustakaan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mix Method), dimana data dikumpulkan menggunakan observasi, studi literatur, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung perpustakaan pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti pada Tahun 2019 sebanyak 3.124 orang. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 97 responden. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, tabulasi data, pengolahan dan analisis data menggunakan MENPAN nomor 14 tahun 2017, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pelayanan Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kepulauan Meranti sudah baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai score akhir 3.35 atau setelah dikonversi menjadi 83, 61 kategori mutu pelayanan berdasarkan indeks mendapat nilai B yang artinya Baik. Unsur yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu Unsur Penampilan dan Kerapihan Petugas dengan nilai 3.95 yang berati Sangat Baik. Unsur yang paling terendah adalah Unsur Kelengkapan Dan Koleksi Buku dengan nilai 2.70 yang berati kurang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perpustakaan yaitu Gaya Kepemimpinan yang sudah sepenuhnya optimal, dengan melibatkan partisipasi bawahan untuk memberikan masukan-masukan. Kemampuan kerjasama antar petugas pelayanan dirasakan sudah cukup, hanya masih belum menujukkan hasil yang sepenuhnya optimal. Sehingga hal tersebut juga dapat mempengaruhi pemberian layan kepada pengguna. Sedangkan untuk sistem insentif tidak ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan, Perpustakaan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty Economics, Social Sciences, and Humanities > School of Public Administration
Depositing User: Admin Mr. Admin
Date Deposited: 20 Oct 2021 06:12
Last Modified: 20 Oct 2021 06:12
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA