Rizki Amalia, NIM. 060105019 and Anjarwati, S.ST., MPH (2010) KARAKTERISTIK IBU HAMIL YANG MEMERIKSAKAN KEHAMILANNYA DI PUSKESMAS PLERET BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2009. Tugas Akhir thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASKAH PUBLIKASI_RIZKI_AMALIA_060105019.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Kesehatan ibu dan anak selama masa kehamilan sangat berperan penting dalam menghasilkan generasipenerus yang berkualitas. Pemeriksaan kehamilan merupakan kunjungan ibu hamil untuk memerikasakan kehamilannya. Kunjungan ibu hamil baiknya dilakukan seawal mungkin sejak ibu merasa tidak haid. Standar pelayanan antenatal yang di tetapkan adalah minimal 1 kali kontak pada trimester pertama, 1 kali kontak pada trimester kedua, dan 2 kali kontak pada trimester ketiga.Ibu-ibu hamil di wilayah Puskesmas Pleret masih banyak yang berpendapat bahwa pemeriksaan kehamilan di laksanakan sebagai rutinitasdan ibu datang karena memenuhi jadwal yang telah di tetapkan oleh petugas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya diPuskesmas Pleret Bantul Yogyakarta tahun 2009. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional non analitik dengan metode pendekatan waktu crossectional. Sampel berjumlah 56 responden dengan tehnik accidental sampling. Tingkat pengetahuan tentang pemeriksaan kehamilan di ukur dengan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristikibu hamil berdasarkan tingkat pengetahuan dalam kategori tinggi yaitu 24 orang (42,9%), jumlah bayi yang di lahirkan dalam kategori primipara yaitu sebanyak 41 orang (73,2%), berdasarkan tingkat pendidikan dalam kategori sedang atau SMA sebanyak29 orang (51,8%), berdasarkan pendapatan keluarga >400-500 ribu sebanyak 22 orang (39,3%), berdasarkan jarak rumah dengan Puskesmas dalam kategori dekat <3km sebanyak 51 orang (91,1%), berdasarkan jarak rumah dengan tempat pelayanan kesehatan terdekatsebanyak 55 orang(98,2%). Bagi Puskesmas Pleret Bantul Yogyakartadisarankan untuk dapat mempertahankan kualitas pelayanan kepada pasien bahkandapat di tingkatkan dengan cara pelayanan jemput bola bagi pasien yang jarak rumahnya jauh dari puskesmas dengan puskesmas keliling
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Additional Information: | penguji 1: Anjarwati, S.SiT., MPH. penguji 2: Mohamad Mirza Fauzie, S.Si.T., M.Kes |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Midwifery |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 08:28 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 08:28 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3556 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year