Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PENGARUH BERMAIN SIMBOLIK TERHADAP TINGKAT KOOPERASI ANAK USIA PRASEKOLAH (36 – 72 BULAN) PADA SAAT DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI IGD RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA


Ardani, Ardani and Khusnal, Ery (2009) PENGARUH BERMAIN SIMBOLIK TERHADAP TINGKAT KOOPERASI ANAK USIA PRASEKOLAH (36 – 72 BULAN) PADA SAAT DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS DI IGD RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naskah publikasi.pdf

Download (382kB) | Preview
Official URL: https://lib.unisayogya.ac.id/

Abstract

Latar belakang : Tindakan invasif bagi anak prasekolah adalah hal yang dianggap menakutkan. Reaksi anak berupa menolak menangis, memberontak, dan tidak kooperatif terhadap tindakan perawat. Tindakan invasif sering dilakukan dengan paksaan agar tujuan tindakan tecapai tanpa memperhatikan dampak stres pasikologi anak. Salah satu metoda yang dapat dilakukan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan tingkat kooperatif dan mengurangi dampak psikologi anak yaitu dengan teknik perawatan atraumatik. Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bermain simbolik terhadap tingkat kooperasi anak usia prasekolah pada saat dilakukan pemasangan infus di IGD RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metoda: Jenis penelitian ini kwantitatif dengan rancangan Post Only With Control Group Design. Sample berjumlah 22 anak, 11 anak sebagai kelompok eksperimen dan 11 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung tingkat kooperatif anak saat dilakukan pemasangan infus. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 19 Juli 2009. Analisis statistik dengan uji independent sample ttest. Hasil : Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan signifikan antara tingkat kooperasi anak kelompok eksperimen dan kelompok control (t = 5,920 ; p< 0,01). Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian teknik bermain simbolik terhadap tingkat kooperasi anak usia prasekolah pada saat dilakukan pemasangan infus. Saran : Hendaknya perawat melakukan teknik atraumatik care dalam melakukan tindakan invasif terutama pada anak. Rumah sakit khususnya di IGD ada seyogyanya ada kebijakan secara tertulis tentang penerapan atraumatic care seperti teknik bermain simbolik untuk meningkatkan tingkat kooperasi anak pada saat dilakukan pemasangan infus serta mengadakan sarana dan prasarana berkaitan dengan teknik atraumatc care

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: penguji 1; Ery Khusnal, penguji 2: Sarwinanti
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:40
Last Modified: 18 Jan 2018 02:40
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA