Apriyanti, Erna Dwi and Khusnal, Ery (2009) GAMBARAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM ASUHAN KEPERAWATAN ANAK USIA PRASEKOLAH PADA PERAWAT DI RSKA EMPAT LIMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASPUB.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan penyesuaian dalam masa hospitalisasi, beradaptasi dengan baik dan tindakan yang membuat stres. Dengan komunikasi terapeutik maka anak dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan dan akan dilakukan selama di rumah sakit, sehingga masalah psikologis anak dapat teratasi atau dikurangi seperti ketakutan, kecemasan, perubahan perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pelaksanaan komunikasi terapeutik dalam asuhan keperawatan anak usia prasekolah pada perawat di RSKA Empat Lima Yogyakarta 2009. Pengumpulan data dimulai pada tanggal 30 Juli-1 Agustus 2009 dilakukan secara observasi menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengumpulan sampel dengan sampel jenuh. Uji validitias menggunakan CVI dengan hasil 0,70 dan uji reliabilitas 0,82. Analisa data menggunakan analisa data deskriptif dengan nilai mean=36,69 median=37,00 modus=35, standar deviasi 5,069. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi terapeutik pada perawat dalam kategori cukup. Saran pada perawat RSKA Empat Lima agar meningkatkan pelaksanaan komunikasi terapeutik sehingga hasilnya baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | penguji 1: Ery Khusnal, penguji 2: Suratini |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 08:19 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 08:19 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3147 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year