Isnawati, Yuka Dwi and Isnaeni, Yuli (2009) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS MLATI II SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASPUB.pdf Download (643kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kesehatan di era globalisasi ini senantiasa dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar pasien merasa puas. Kepuasan pasien merupakan tolok ukur adanya jaminan kualitas pelayanan. Fenomena di lapangan terlihat adanya kecenderungan perawat tidak caring dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien yang berdampak pada kualitas asuhan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien dan perilaku caring menjadi salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan secara menyeluruh. Tujuan: Diketahuinya hubungan perilaku caring perawat dengan tingakat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Mlati II Sleman Yogyakarta 2009. Metodologi penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental bersifat diskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan rancangan cross sectional. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik accidental sampling, dengan responden yang menjalani rawat inap di Puskesmas Mlati II Sleman Yogyakarta sebanyak 40 responden. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alfa cronbach. Analisa data menggunakan product moment. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65 % pasien mengungkapkan perawat selalu berperilaku caring, 55 % pencapaian tingkat kepuasan pasien merasa sangat puas terhadap perilaku caring perawat, dan menunjukkan hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien (r=0,389; p=0,013). Saran Penelitian: Perawat diharapkan dapat lebih memahami terhadap tanggung jawab pada pelayanan keperawatan khususnya perilaku caring sehingga dalam melakukan asuhan keperawatan sesuai standart. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian di Puskesmas perkotaan agar mengetahui lebih dalam tentang kepuasan dangan karakteristik responden yang lebih tinggi dari pada di desa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | penguji 1: Yuli Isnaeni, penguji 2: Syaifudin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 08:10 |
Last Modified: | 12 Jan 2018 08:10 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year