Abubakar, Fauzi (2014) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 10 (2). pp. 163-171. ISSN 1858-0610
|
Text
4jurnal JKK -desember14 OK.pdf Download (972kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dosen terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa Ilmu Keperawatan di STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan statistik. Landasan teori yang digunakan yaitu teori pengungkapan diri (Self Disclosure Theory), yang dikemukakan oleh Sydney Marshall Jourad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 24,4% dengan keofisien regresi 0,469 dan konstanta 18,644. Sedangkan untuk variabel prestasi akademik, 1,04% dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal dosen dan sisanya dipengaruhi oleh faktorfaktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 08:13 |
Last Modified: | 23 Jan 2017 08:13 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2341 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year