Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PHANTOM DIBANDING KOMBINASI VIDEO COMPACT DISC TERHADAP KETRAMPILAN INJEKSI MAHASISWA


Satriyandari, Yekti and Mufdlilah, Mufdlilah and Hidayati, Ririn Wahyu (2013) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PHANTOM DIBANDING KOMBINASI VIDEO COMPACT DISC TERHADAP KETRAMPILAN INJEKSI MAHASISWA. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 9 (2). pp. 155-162. ISSN 1858-0610

[img]
Preview
Text
2jurnal JKK -desember13 OK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://ejournal.unisayogya.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh media demonstrasi dengan phantom dibanding kombinasi phantom dengan Video Compact Disc (VCD) terhadap prestasi belajar pada ketrampilan injeksi. Desain penelitian adalah eksperimental dengan pendekatan pre-post test. Pengambilan sampel dengan Total Sampling sebanyak 169 mahasiswa semester II DIV Bidan Pendidik STIKES 'Aisyiyah. Uji validitas menggunakan product moment, reliabilitas Alfa Crombah. Analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan ketrampilan injeksi pada mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran media phantom dibanding pembelajaran kombinasi media phantom dengan VCD. Disarankan agar STIKES 'Aisyiyah dapat memberikan fasilitas bagi pengembangan dan pengadaan media pembelajaran VCD untuk meningkatkan ketrampilan injeksi mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 23 Jan 2017 06:32
Last Modified: 23 Jan 2017 06:32
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA