Daryanti, Menik Sri (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 12 (1). pp. 85-89. ISSN 1858-0610
|
Text
11-MENIK -final.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel berjumlah 40 mahasiswa semester IV DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi nilai IPK. Analisis data menggunakan Pearson Product Moment. Dari hasil perhitungan korelasi, diperoleh rhitung = 0,428, dengan nilai signifikansi 0,006 dimana rhitung = 0,428 > rtabel = 0,312 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Ini berarti ada hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, dengan kekuatan korelasi sedang. Kata kunci: lingkungan belajar, prestasi belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 07:15 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 07:15 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year