Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) Links: UNISAYA Home Page | Library Home Page | Site Map

PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN SENAM OTAK DENGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN


Kharisma, Ratri Heta and Khotimah, Siti (2017) PERBEDAAN PENGARUH PEMBERIAN SENAM OTAK DENGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
naskah publikasi ratri.pdf

Download (836kB) | Preview
Official URL: http://lib.unisayogya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Perubahan tatanan sosial budaya dalam masyarakat ditandai banyaknya ibu yang mempunyai anak juga berfungsi sebagai pencari nafka. Akibatnya anak kurang mendapat stimulasi dan kesempatan belajar sehingga mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh pemberian senam otak dengan alat permainan edukatif terhadap peningkatan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini experimentalpre test and post test two group design, 30 anak TK menjadi sampel dengan simple random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A mendapatkan pemberian senam otak dilakukan 3 kali seminggu selama 3 minggu, kelompok B mendapatkan pemberian alat permainan edukatif,dilakukan 10 kali selama 10 hari.Penelitian ini menggunakan alat ukur Denver Development Screening test untuk mengukur motorik halus. Uji normalitas dengan Shapiro wilk test dan uji homogenitas data dengan Lavene’s test. Uji wilcoxon untuk mengetahui peningkatan motorik halus kelompok A dan B serta Mann-Whitney untuk menguji beda pengaruh intervensi kelompok A dan B. Hasil: Hasil uji wilcoxon pada kelompok A adalah p = 0,001 (p< 0,05) dan kelompok B adalah p = 0,000(p< 0,05), menunjukkan bahwa kedua intervensi berpengaruh terhadap peningkatan motorik halus masing-masing kelompok. Sedangkan hasil Mann-Whitneyadalah p = 0,015 (p< 0,05), menunjukkan bahwa perlakuan yang dilakukan pada kelompok A dan B memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motorik halus. Kesimpulan: Ada perbedaan pengaruh pemberian senam otak dengan alat permainan edukatif terhadap peningkatan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Saran: Penelitian selanjutnya mengontrol serta memastikan kesungguhan responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Penguji 1: Fatmawati, Veni 2. Penguji 2: Khotimah, Siti
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Physiotherapy
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 04 Jan 2017 07:57
Last Modified: 22 Nov 2017 03:24
URI: http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year

Link Directory of Open Access Journals (DOAJ) | Link Perpus-Nas. RI | Link Jogja Library | Link Portal Garuda

Link EBSCO Search | Link ProQuest Search | Link e-Journal UNISA Search | Link SIMPTT Perpus UNISA