Wati, Wati and Syaifudin, Syaifudin (2010) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GRATIS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PUSKESMAS TENGIN BARU KECAMATAN SEPAKU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA PROPINSI KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta.
|
Text
NASPUB.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Indikator-indikator kesehatan akan lebih baik apabila lebih memperhatikan pelayanan kesehatan yang terkait dengan kemiskinan. Melalui Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin ini diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan angka kematian bayi dan balita serta penurunan angka kelahiran disamping dapat terlayaninya kasus-kasus kesehatan masyarakat miskin umumnya. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan mutu pelayanan kesehatan gratis dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Tengin Baru Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2010. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan waktu cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang terdaftar memiliki Pelayanan Kesehatan Gratis di Puskesmas Tengin Baru berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling diperoleh sampel sebanyak 30 responden. Analisa data dilakukan dengan korelasi kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik menunjukkan nilai τ sebesar 0,667 dengan signifikansi (p) 0,000 sehingga memberikan kesimpulan bahwa ada hubungan yang kuat dan signifikan antara Mutu Pelayanan Kesehatan Gratis Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Tengin Baru Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2010. Semakin bermutu pelayanan kesehatan gratis yang diberikan puskesmas Tengin Baru maka tingkat kepuasan pasien rawat inap akan semakin tinggi. Saran bagi puskesmas agar meningkatkan pelayanan kesehatan terutama kepada pasien rawat inap dengan memberikan ketanggapan terhadap keluhan pasien sehingga keluhan pasien dapat segera diatasi. Selain itu pihak puskesmas dapat menindaklanjuti keluhan pasien yang menyatakan ketidakpuasan mereka atas pelayanan kesehatan yang diberikan. Langkah-langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan evaluasi pelayanan kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Penguji 1 : Syaifudin Penguji 2 : Warsiti |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > Study Program of Nursing |
Depositing User: | Khairun Nisak |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 05:21 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 07:23 |
URI: | http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/1826 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year